Coment

Free counters!

Minggu, 04 Oktober 2020

Modul Ms.Word Jituuuu....

 

Pertemuan 1. Membuat Dan Menyimpan Dokumen Kerja

 

Materi

Langkah Detailnya

Menjalankan Microsoft Word 2007.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.       Cara 1 : Klik tombol Start > All Program > Microsoft Office > Microsoft Office Word 2007.

 

2.       Cara 2 : Klik tombol Start > Run > ketikkan “winword” > Enter.

 

Materi

Langkah Detailnya

Pengenalan

Interface/Tampilan

Microsoft Word 2007.

Pada  windows  Microsoft  Word  2007  yang muncul terdapat

beberapa tampilan sebagai berikut (tunjukkandengan mouse

anda masing–masing komponen berikut) :

-          Office Button

-          Quick Access Toolbar

-          Title Bar

-          Tabmenu Ribbon

-          Ribbon

-          Status Bar

-          Horizontal Scroll Bar

-          Vertical Scroll Bar

-          Document Area


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Office Button

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Quick Access

 

Tab Menu

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Status Bar

 

Title

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Document Area

 

Ribbon

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Horizontal Scroll Bar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Horizontal Scroll Bar

Materi

Langkah Detailnya

Mengaktifkan Menu- MenuPada Microsoft Word 2007.

1.    Untuk mengaktifkan Menu Home, coba anda klik tab Menu Home pada tab menu atau tekan Alt+H, perhatikan ribbon menu yang tampil.

 

 

2.   Untuk mengaktifkan Menu Insert, coba anda klik Menu Insert pada tab menu atau tekan Alt+N, perhatikan ribbon menu yang tampil.

 


 

3.  Untuk mengaktifkan Menu Page Layout, coba anda klik tab Menu Page Layout pada tab menu atau tekan Alt+P, perhatikan ribbon menu yang tampil.

 

 

4.  Untuk mengaktifkan Menu References, coba anda klik tab Menu References pada tab menu atau tekan Alt+S, perhatikan ribbon menu yang tampil.

 

 

5. Untuk mengaktifkan Menu Mailing, coba anda klik tab Menu Mailing pada tab menu atau tekan Alt+M, perhatikan ribbon menu yang tampil .

 

 

6.   Untuk mengaktifkan Menu Review, coba anda klik tab Menu Review pada tab menu atau tekan Alt+R, perhatikan ribbon menu yang tampil.

 

 

7. Untuk mengaktifkan Menu View, coba anda klik tab Menu View pada tab menu atau tekan Alt+W, perhatikan ribbon menu yang tampil.


 

 

 

 

 

 

 

8.  Untuk mengaktifkan Menu Design, coba anda klik tab Menu Design pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan T, perhatikan  ribbon menu yang tampil.

 

 

 

 

 

 

 

9.  Untuk mengaktifkan Menu Layout, coba anda klik tab Menu Layout pada tab menu atau tekan Alt+J kemudian tekan L, perhatikan ribbon menu yang tampil.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tip : Jika mouse anda terdapat tombol scrollnya, maka anda dapat berpindah dari satu menu ke menu lainnya dengan menggeser tombol scroll yang ada pada mouse anda.

Tombol Scroll


 

 

 

 

Membuat Dokumen Baru Dalam Microsoft Word 2007.

 

 

 

1. Klik Office Buttom > New.

2.  Pada  Kotak Dialog yang muncul  Pilih  > Blank Document  > klik tombol

Create.

    

 

3.   Untuk membuat dokumen baru dari Templates, pilih pada bagian kelompok Templates, Klik Tombol Create.

 

 

4. Pada windows yang muncul, letakkan kursor dimana anda akan mulai mengetik.


Menyimpan Dokumen Kerja.

1. Setelah teks selesai anda ketik, klik Office Button.

2.Pilih Save atau Save As (untuk menyimpan dengan nama yang beda dengan nama sebelumnya).

3. Pilih Word Document.

 

 

4.  Pada windows yang muncul, pilih folder Document, ketikkan nama filenya pada File name “Tips Nama Cantik”. Pilih Word Document pada Save as type.

 

5. Klik tombol Save.


Materi

Langkah Detailnya

Menutup                     Dokumen Kerja.

1. Klik Office Button > Close (Ctrl + W).


Pertemuan 2. Mengedit Dokumen Kerja Dan Memformat Huruf

 

Materi

Langkah Detailnya

Membuka                     Dokumen Yang Telah Disimpan.

1. Klik Office Button > Open.

 

2. Pada kotak dialog yang muncul, pilih folder yang akan dibuka filenya yaitu folder Documents”.

3. Pilih nama filenya Tips Nama Cantik”.

4. Klik tombol Open.

Materi

Langkah Detailnya

Memilih   Teks                  Yang Akan Diformat/Edit.

1. Setelah file terbuka, coba Klik drag pada teks untuk memilih bebas.


2. Sekarang Double klik untuk memilih satu kata.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Coba klik tiga kali pada paragraf untuk memilih satu paragraf.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Sekarang coba Ctrl+klik di awal kalimat untuk memilh satu kalimat.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.  Kemudian tekan Ctrl+A pada keyobard untuk memilih semua teks dalam dokumen.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Materi

 

Memindahkan Dan Menduplikasi Teks.


Langkah Detailnya

 

1.             Pilih/seleksi   paragraf  1,  klik  icon   cut  (Ctrl+X)    pada tab ribbon

clipboard.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.       Letakkan kursor diakhir dokumen. Kemudian Klik icon Paste (Ctrl + V).


 

3. Untuk menduplikasi teks/ mengkopi, pilih paragraf terakhir, klik icon

Copy (Ctrl +C).

 

 

2. Letakkan kursor di bawah baris ke 2.

 

 

3. Kemudian klik icon Paste (Ctrl + V).

Memformat Huruf/Font.

1. Pilih judul dokumen, klik pada bagian tab ribbon font, pilih jenis huruf (font) Century , ukuran huruf (Size) 14, klik icon Style huruf (Ctrl+B, Ctrl+I, Ctrl+U).


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.       Klik   icon menu  Change Case,  ganti bentuk huruf menjadi

UPPERCASE.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.   Untuk membuat efek huruf, klik icon menu font.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.    Pada kotak dialog yang muncul, centang Shadow pada bagian Effect,

klik tombol OK.


 

Materi

Langkah Detailnya

Mengatur                      Perataan Paragraf.

1. Teks judul masih dalam keadaan terpilih, pada bagian paragraph, klik icon rata tengah (Ctrl+E). Coba lakukan untuk paragraf yang lain sesuai dengan contoh dokumen kita, rata seimbang (Ctrl +J), rata kiri (Ctrl+L), rata kanan (Ctrl+R). Font Size selain judul 12.


Pertemuan 3. Memformat Paragraf, Bullet Dan Numbering, Drop Cap Dan Spasi Baris

 

Materi

Langkah Detailnya

Membuat Numbering.

1. Pilih teks baris ke dua dokumen.

 

 

2.  Klik icon   pada ribbon paragraph, kemudian pilih jenis Number Aligment left.

 

4. Tekan tombl Ctrl + B.

5.  Lakukan untuk teks yang mempunyai fomat numbering yang sama.

Materi

Langkah Detailnya

Membuat Bullet.

1. Pilih teks “Jangan terlalu panjang” kemudian tekan Ctrl pilih teks Jangan memilih nama …… “.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2. Klik icon menu Bullet pada ribbon paragraph > Define New Bullet

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Pada kotak dialog yang muncul klik Symbol.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.  Ganti font menjadi Wingdings , kemudian pilih jenis simbolnya, klik

OK, kemudian klik tombol OK kembali.


1. Buatlah Dokumen baru (Ctrl + N).

2. Letakkan kursor di awal dokumen.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Ketikkanlah teks tersebut sampai selesai.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Letakkan kursor di awal baris pertama paragraf 1.


5.  Klik tab menu Insert kemudian pilih icon menu Drop Cap > Drop Cap Options.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.  Pada kotak dialog drop cap, pilih icon Dropped, Font : Arial , Line to drop : 3, Distance from text : 0.1 cm. Kemudian klik tombol OK.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

7. Kemudian perhatikan hasilnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

8. Letakkan kembali kursor pada awal paragraf 2 baris 1.


Pertemuan 4. Mengatur  Jarak  Paragraf,            Orientasi  Halaman                                                   Dan Menyisipkan Tanggal

 

Materi

Langkah Detailnya

Mengatur Jarak Antar Paragraf.

1. Pilih semua teks kembali, klik tab Home menu, klik tombol Paragraph dialog box pada ribbon.

 

 

3. Pada kotak dialog yang muncul, Klik tab indents and spacing , pada bagian spacing isikan Before 5, After 5. Klik tombol OK.

Materi

Langkah Detailnya

Mengatur Jarak Indentasi (Jarak Teks Terhadap Margin).

1. Pilih kembali semua teks. Klik tab Home menu.

2. Klik tombol Paragraph dialog box pada ribbon.

3. Klik tab indents and spacing , pada Indentation, isikan Left = 1, Right =

1. Klik OK.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.  Kemudian, klik 3 kali paragraf 1, tekan dan tahan Ctrl , klik 3 kali paragraf 2.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5.  Klik tombol Paragraph dialog box pada ribbon, pada bagian Special, pilih first line, isikan pada By = 1. Klik tombol OK.


 

 

 

 

 

 

3.  Pada kotak dialog Page setup, klik tab Margin dan isikan nilai margin

Top : 3, Left : 4, Button : 3, Right : 3.

4.  Pada bagian Orientation pilih Portrait.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Untuk mengatur jenis kertas/ ukuran kertas, klik tab Peper. Pilih jenis kertas A4 pada Peper Size. Klik tombol OK.


Membuat Shading Teks.

 

1. Pilih teks seperti terlihat di bawah ini.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.  Aktifkan kembali kotak dialog Border and Shading (lihat langkah sebelumnya) .

3. Klik tab Shading, pada bagian Fill pilih warna biru, Petterns pilih Style 25%, Color : pilih abuabu, pada Apply to pilih Paragraph. Klik OK.


2. Pilih semua teks kecuali judulnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.  Klik tab menu Home, klik icon menu Paragraph, pada kotak dialog yang mucul klik tombol Tabs.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.  Pada kotak dialog tabs, isikan tab stop posisition : 2 cm, Aligment : Left, Leader : None, kemudian klik tombol Set.



 

 

4. Klik tombol OK.

Materi

Langkah Detailnya

Membuat Tabulasi Menggunakan Ruler.

1.      Buka kembali file Tugas Modul 1”.

2.      Seleksi paragraf 1 dan 2.


 

3.   Klik icon segi tiga “First line Indent” pada ruler, kemudian tahan tarik ke angka 1, kemudian lepas. Perhatikan perubahannya.

 

 

4.  Kemudian pilih kembali paragraf 3 sampai dengan paragraf terakhir.

 

5.  Klik icon menu Hanging Indent”, kemudian tahan dan geser ke angka 1 pada ruler. Kemudian lepas, lihat perubahannya.


 

 

6. Kemudian seleksi kembali paragraf 1 sampai dengan paragraf terakhir, kemudian tekan tombol Ctrl+J.

 

7. Kemudian tekan tombol Ctrl+S, untuk menyimpan dokumen kita.


Pertemuan 5. Mencari Teks, Halaman, Menggabungkan Dokumen Dan Menggunakan Format Kolom

 

Materi

Langkah Detailnya

Mencari (Find) dan Mengganti (Replace) Teks.

1. Buka kembali file “Tips Nama Cantik. Klik tab menu Home, sorot pada bagian Editing pada ribbon. Kemudian klik icon Find (Ctrl+F).

 

 

2. Pada kotak Find and Replace, klik tab Find, pada Find what ketikkan “anda”, klik tombol Find in pilih Main Document.

 

 

4. Kemudian, klik tab Replace.

5. Pada Replace width, ketikkan”Saudara”, kemudian klik Replace All. Jika muncul peringatan klik Yes. Lihat perubahannya.


 

Materi

Langkah Detailnya

Berpindah Ke Halaman Tertentu.

1. Masih menggunakan file Tips Nama Cantik”.

2. Letakkan kursor di awal paragraf ke 2, kemudian tekan Ctrl + Enter.

 

 

3. Kemudian letakkan kursor kembali pada awal paragraf 3. Tekan kembali Ctrl + Enter.

4. Klik tab menu Home. Sorot pada bagian ribbon Editing, kemudian klik

tanda panah pada tombol Find.

 

 

5. Kemudian pilih Go to (Ctrl + G).


 

 

6.  Pada kotak dialog yang muncul, pada bagian Go to what pilih Page, pada bagian Enter page number isikan 1, kemudian klik tombol Go to.

 

 

7.  Maka kursor akan berpindah ke halaman pertama. Klik tombol Close

kemudian tutup dokumen tanpa melakukan penyimpanan.

Materi

Langkah Detailnya

Menggabungkan Dua Dokumen Atau Lebih.

1.   Buka file dokumen “Daftar Isi” dan buka kembali file dokumen “Tips Nama Cantik

2.  Pilih semua teks dokumen “Tips Nama Cantik” (Ctrl + A).

3.  Klik tombol copy pada ribbon Clipboard (Ctrl +C).


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Kemudian klik icon menu Page Layout > Columns > More Columns.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.  Pada kotak dialog kolom yang muncul, isikan Number of Columns : 3, Spacing : 0,1 cm.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Kemudian klik tombol OK. Perhatikan hasilnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tip : Untuk lebih memahami materi ini, anda dapat melihat video tutorial “Magic 3 : Kolaborasi Satu dokumen Rame–rame” di website www. videobelajar.com.


 

 

9. Klik icon menu Go to Footer.

 

 

 

10. Ketikkan “Modul Latihan” dan buat rata kanan. Sekarang lihat pada halaman yang lain telah muncul header dan footernya

 

 

 

11.  Klik tombol Close header and footer pada ribbon untuk keluar dari header and footer.

 

 

 

 

12. Tekan tombol Ctrl+S.

Materi

Langkah Detailnya

Menghapus                         Header Dan Footer.

1. Double klik pada header atau footer (pada file ”Gabung File”).

2. Klik tab menu Design.

3. Klik icon menu Header pada ribbon.

4. Pilih Remove Header pada menu yang muncul.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

5. Kemudian klik icon menu Go to footer.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6. Klik icon menu Footer pada ribbon.

7. Pilih Remove Footer pada menu yang muncul.


 

 

8. Lihat perubahannya. Close dokumen Gabung File tanpa melakukan penyimpanan.

 

Tip : Untuk lebih memahami anda bisa mengakses www. videobelajar.com. Anda dapat melihat secara visualisasi Menyisipkan Footnotes, Endnotes, Citations, dan Bibliography.

Materi

Langkah Detailnya

Menyisipkan Simbol.

1. Buka kembali file Tips Nama Cantik.

2. Letakkan kursor di bawah judul, kemudian tekan Ctrl+E.


 

3. Klik tab menu Insert , pilih tombol Symbol pada ribbon.

4. Pilih More Symbol untuk mencari simbol yang lain.

 

 

5. Pada kotak dialog yang muncul, pilih jenis Font : Wingdings, pilih jenis simbol (lihat contoh). Klik tombol Insert 3 kali.

 

 

6.  Klik tombol Close. Lihat perubahan dalam dokumen. Simpan kembali dokumen anda.

Materi

Langkah Detailnya

Menyisipkan                          Nomor Halaman.

1.    Buka kembali file Gabungan File”.

2.    Klik tab menu Insert > Page Number > Bottom of Page > Plain Number 2.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Perhatikan hasilnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Untuk menghapus halamannya, klik tab menu Insert > Page Number > Remove Page Numbers, perhatikan nomor halaman sekarang telah hilang.


 

 

 

 

 

 


Membuat Equation, Hyperlink, Watermark Dan Mencetak Dokumen.

 

Materi

Langkah Detailnya

Menyisipkan Objek Equation.

Ketikkanlah persamaan rumus di bawah ini.

𝑓 𝑥 = 𝑎 + 𝑎 cos 𝑛𝜋𝑥 + 𝑏 sin 𝑛𝜋𝑥 

0                    𝑛             𝐿        𝑛            𝐿

𝑛=1

 

1.    Buat dokumen baru (ctrl +N). Klik tab menu Insert , klik icon menu

Equation , pilih Insert New Equation.

 

 

2.   Ketikkan f(x)=

3.   Kemudian klik icon menu Script kemudian pilih Subscript.

 

 

4.   Kemudian klik di dalam kotak subscript.


 

5. Ketikkan a , terus letakkan kursor di kotak bawahnya, ketikkan 0.

 

6.  Kemudian lakukan pengetikan untuk simbol yang lainnya.( langkah kerjanya sama, sesuaikan simbol dari pilihan yang ada dengan contoh latihan).

 

7.    Setelah selesai coba anda lihat/klik untuk simbol yang lainya. Perhatikan simbol simbol yang ada.

8.  Close dokumen anda dan simpan dengan nama “Equation”.

Materi

Langkah Detailnya

Membuat dan Memanfaatkan Hyperlink.

1. Buka kembali file Daftar Isi

2. Pilih teks Daftar Isi”.

 

3.   Pilih  tab  menu Insert, kemudian pilih icon menu Hyperlik pada kelompok ribbon Link.


 

Materi

Langkah Detailnya

Mencetak Dokumen Dengan Format Tertentu.

1. Buka kembali file Tip Nama Cantik.

2. Klik Office button.

3. Pilih Print (Ctrl +P).

 

 

4. Pada kotak dialog yang muncul, pilih jenis printer yang akan digunakan pada bagian printer Name.


 

 

5. Klik All pada Page.

6. Number of copies : 1.

7. Print what : Dokument, Print : All pages in range.

8. Pada bagian Zoom, Pages per sheet : 1 page.

9. Scale to Paper size ; A4.

10. Kemudian klik tombol OK.


Membuat Dan Menghapus Tabel, Konversi  Teks  Ke  Tabel  Dan Tabel Ke  Teks

 

Buatlah Tabel Seperti di bawah ini :

 

Rekapitulasi Perhitungan Rasio Likuiditas PT. Untung Terus

Periode 2004 s/d 2006

No

Parameter

Tahun 2004

Tahun 2005

Tahun 2006

1

Aktiva Lancar

705.181

814.392

859.047

2

Hutang Lancar

641.314

732.048

780.806

3

Kas

6.178

8.871

9.999

4

Efek

209.918

266.308

279.647

5

Piutang

674.637

812.442

855.881

6

Jumlah Aktiva

1.124.258

1.339.067

1.383.900

Current Ratio

1,10

1,11

1,13

Quick Ratio

1,39

1,49

1,47

Cash Ratio

0,34

0,38

0,37

W.C. to T.Asset Ratio

0,79

0,81

0,83

 

 

Materi

Langkah Detailnya

Membuat Tabel.

1. Buatlah dokumen baru (Ctrl+N).

2. Kemudian klik tab menu Insert, kemudian pilih Table.

3. Pada menu yang muncul klik Insert Table.

 

4. Isikan pada bagain Number of columns: 5 dan Number of rows: 11.


 

5. Klik tombol OK.

 

 

 

 

 

6. Kemudian ketikkan isi tabelnya (gunakan tanda panah pada keyboard untuk berpindah ke kanankiri atau atasbawah cell).

Materi

Langkah Detailnya

Menghapus Tabel.

1. Aktifkan/pilih tabel yang akan dihapus.

2. Pilih tab menu Layout.

3. Pada ribbon Row&Columns, pilih icon menu Delete.

4. Pilih Table.


 

 

5. Perhatikan, sekarang tabel telah hilang. Kemudian tekan tombol Ctrl+ Z, (batalkan penghapusan tabel).

6. Kemudian simpan dengan nama Tabel.

 

 

 

 


 

 

Materi

Langkah Detailnya

Mengkonversi                               Teks Ke Tabel.

1. Pastikan dokumen/teks yang akan dikonversi menjadi tabel mempunyai perataan tab (gunakan file Tabel” yang telah dikonversi menjadi teks).

 

 

2. Pilih semua teks yang akan dijadikan tabel.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3. Klik tab menu Insert > Table > Convert Text to Table.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4.  Isikan Number of columns : 5, aktifkan pilihan Tabs, kemudian klik tombol OK.


Memanipulasi Tabel

 

Materi

Langkah Detailnya

Mengatur Border Dan Shading Tabel.

1. Seleksi Semua baris dari tabel.

 

 

2. Klik tab menu Design .

3. Pada ribbon menu kelompok Table Style, pilih icon menu Borders.

4. Pilih Border and Shadings

 

 

5.  Aktifkan tab Border, pada bagian setting pilih Grid, Style pilih bentuk garis bingkai sesuai contoh pada latihan di atas.

6. Color pilih Automatic.

7. Width : 2¼.

8. Apply to : Table

9. Klik OK.


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10. Perhatikan hasil format tabelnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11.    Untuk membuat shading atau warna background dari tabel, seleksi baris pertama tabel.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

12.  Aktifkan kembali kotak dialog Border and Shadings (Lihat langkah sebelumnya).

13.  Pada kotak dialog yang muncul, pilih ading pada bagian Fill : Abu abu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar